1

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.


Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu.

B. Perumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

1. Apa yang dimaksud dengan IPA dan macamnya teknologi ?

2. Bagaimana keterkaitan antara IPA dan teknologi ?

3. Jelaskan konsep-konsep dasar teknologi IPA dalam memenuhi kebutuhan manusia ?

C. Tujuan Penulisan

Dari perumusan masalah tersebut. Tujuan penulisan makalah ini sebagai berikut :

1. Mengetahui yang dimaksud dengan Ilmu Alamiah Dasar dan sangkut pautnya dengan macamnya teknologi.

2. Mengetahui hubungan antara Ilmu Pengetahuan Alam dengan teknologi.

3. Mengetahui penjabaran konsep-konsep dasar teknologi Ilmu Pengetahuan Alam dalam memenuhi kebutuhan manusia.

D. Manfaat Penulisan

Manfaat yang dapat diperoleh dari penulisan makalah ini mencakup beberapa yang terkait diantaranya sebagai berikut :

Bagi Mahasiswa

Makalah ini dapat digunakan sebagai bahan referensi atau masukan tentang pentingnya teknologi Ilmu Pengetahuan Alam dalam kehidupan manusia serta keterkaitan antara teknologi dengan Ilmu Pengetahuan Alam.

Bagi Masyarakat umum

Sebagai bahan bacaan yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang demokrasi pendidian. Dan serta untuk menambahkan peran aktif masyarakat dalam pendidikan.


BAB II


PEMBAHASAN

A. IPA dan Teknologi

IPA adalah ilmu yang membahas tentang alam semesta dan segala isinya. Sedangkan teknologi IPA adalah suatu penerapan IPA untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi ini dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu :

1. Teknologi Maju

Yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan, latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu Negara.

2. Teknologi Adaptif atau Teknologi Madya

Yakni perkembangan dari suatu teknologi suatu Negara maju yang penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan Negara yang memerlukan.

3. Teknologi Protektif

Yakni teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi, dan generasi) segenap sumber daya yang ada.

B. Keterkaitan IPA dengan Teknologi

Pada mulanya antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu mempunyai kaitan. Misalnya, dulu manusia membuat perahu untuk membuat perahu dan belum mengenal teknologi membuat perahu.

Namun dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak dapat terlepas dari ilmu alamiah dan teknologi dalam berbagai bidang. Misalnya, sejak dalam kandungan manusia mendapat perawatan secara medis melalu pemeriksaan berkala di Puskesmas atau di BKIA (Balai Kesejahteraan Ibu dan Anak). Setelah lahir, mendapat vaksinasi untuk memperoleh kekebalan terhadap berbagai macam penyakit.

Ilmu kedokteran dan ilmu farmasi (obat-obatan) merupakan cabang dari Biologi sebagai ilmu terapan. Pakaian, pensil, jam tangan, bolpoin atau buku tulis yang kita pakai adalah hasil teknologi. Ilmu Alamiah murni memang tidak secara langsung berperan dalam kehidupan manusia. Tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai keterkaitan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangankan ilmu terapan (teknologi). Sebaliknya teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya pada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.

C. Konsep-konsep dasar teknologi IPA

Sekarang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi tidak lagi berdiri sendiri. Sains dan teknologi selalu saling menunjang sehingga dapat maju dengan pesat. Berikut ini adalah uraian singkat konsep-konsep dasar teknologi IPA dalam memenuhi kebutuhan manusia :

1. Materi

Yakni apa saja yang mempunyai masssa dan sesuatu yang menempati ruang. Contohnya meja, kursi, awan, gunung, dan sebagainya.

Seperti telah dikemukakan bahwa manusia dalam hidup ini memerlukan materi, baik biotis maupun nonbiotis. Materi biotis dari bahan benda hidup dengan protein, sedangkan materi nonbiotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Benda-benda itu merupakan hasil olahan melalui teknologi. Misalnya, materi zat besi dapat menjadi kendaraan atau benda lainnya.

2. Energi

Yakni sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dalam kehidupan manusia modern penggunaan energy semakin luas kecuali dalam industri dan transportasi juga menyangkut dalam rumah tangga dimulai dari kompor sampai penggunaan energy listrik untuk AC (Air Condition). Energi ini mempunyai bermacam-macam bentuk yaitu :

a. Energi mekanik

Merupakan jumlah dari energi potensial dan energy kinetik. Setiap benda mempunyai berat, maka baik dalam keadaan diam atau bergerak setiap benda memiliki energi. Misalnya, energy yang tersimpan dalam suatu benda yang diam (tidak aktif) disebut energy potensial, sedangkan bila benda tersebut jatuh (aktif) jatuhnya benda tersebut disebut energy kinetik (energy gerak). Dapat dirumuskan sebagai berikut:

b. Energi Panas

Energi panas sering disebut energi kalor. Pemberian panas pada suatu benda dapat menyebabkan kenaikan suhu suatu benda atau mengubah bentuk, ukuran atau volume suatu benda. Energi dalam bentuk panas dapat berubah menjadi energi bentuk lain yakni menjadi energi mekanik. Perubahan ini terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap air. Uap panas mengembangan bertekanan tinggi menggerakan baling-baling suatu turbin.

c. Energi Magnetik

Energi magnetik timbul bila kutub dua batang magnet didekatkan. Kemampuan kutub untuk menggerakkan (tolak menolak atau tarik menarik) inilah yang disebut energi magnetik.

d. Energi Listrik

Energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia. Energi listrik dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Prinsipnya adalah energi potensial dari air danau diubah menjadi energi kinetik seperti air terjun, kemudian diubah menjadi energi listrik melalui turbin yang menggerakkan generator.

Contoh gambar

2. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Pada prinsipnya pembangkit tenaga diesel sama dengan pembangkit listrik tenaga air, yaitu dengan cara menggerakkan generator pembangkit listrik. Dalam pembangkit listrik tenaga diesel, rotor dari generator digerakkan oleh mesin diesel.

Mesin diesel dipilih sebagai salah satu alternatif karena dapat ditempatkan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan bahan bakarnya adalah solar yang harganya lebih mura dari pada premium.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Prinsipnya adalah reaksi nuklir menghasilkan energi panas. Energi panas ini diubah menjadi energi mekanik melalui penguapan air. Turbin uap berputar menggerakkan generator listrik.

Jadi energi nuklir tidak langsung diubah menjadi energi listrik, tetapi diubah menjadi energi panas, kemudian diuabha menjdai energi uap.

Bagan prinsip pembangkit listrik tenaga nuklir

e. Energi Kimia

Energi yang diperoleh melalui suatu proses kimia. Misalnya, manusia dapat memperoleh energi dari perubahan makanan yang dikonsumsinaya.

Energi kimia dapat berubah menjadi energi listrik atau berubah menjadi energi cahaya atau menjadi energi panas. Energi kimia yang berasal dari batu baterai kita alirkan pada bola lampu maka terbentuklah energi cahaya. Energi kimia dapat berubah menjadi energi panas dan cahaya misalnya pada ledakan petasan.

f. Energi Bunyi

Energi bunyi dapat diartikan sebagai getaran. Misalnya, ledakan suatu bom menimbulkan getaran yang hebat menyebabkan robohnya bangunan atau memecahkan kaca.

g. Energi Nuklir

Berasal dari fisi atau fusi inti atom mempunyai beberapa sifat yang dapat dimanfaatkan manusia dan dapat membinasakan, karena adanya sinyal radioaktif yang digunakan. Tetapi perkembangan penggunaan nuklir ini akhirnya akan tergantung pada ketersediaan uranium di alam.

Dalam kehidupan sehari-hari beberapa bidang ilmu yang memanfaatkan nuklir untuk kepentingan hidup manusia antara lain berhubungan dengan :

1. Pengaruh radiasi pada Makhluk Hidup

Sinar-sinar yang timbul dari zat radioaktif misalnya sinar gamma. Sinar gamma dapat mengakibatkan kematian. Sifat dapat mematikan dari sinar radioaktif dapat digunakan untuk pemberantasan hama, misalnya serangga yang merusak kopi dalam gudang, bahan-bahan dari kayu, bahan makanan, dan sebagainya.

Sinar juga dapat menghambat pertumbuhan dan pertunasan sehingga dapat digunakan untuk menyimpan kentang di dalam gudang. Perubahan sifat-sifat genetika, sifat-sifat makhluk hidup terdapat dalam kromoson atau gen yang terdapat dalam intisar. Sinar radioaktif memiliki sifat mengubah atau memutasi gen. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam mencari bibit unggul, misalnya pada padi.

2. Teknik Nuklir untuk pemuliaan padi dan tanaman lain

Dengan menggunakan sifat sinar gamma yang mampu mengadakan mutasi gen dari biji-bijian dapat dicari muatan yaitu variasi hasil mutasi gen yang menguntungkan bagi manusia. Contohnya padi yang umumnya lebih pendek buahnya lebih banyak, tahan terhadap hama dan sebagainya. Dapat juga dicari muatan yang tahan terhadap kekeringan dengan tujuan untuk mendapatkan tanaman yang tahan ditanam pada tanah kering.

3. Teknik Nuklir Industri

Radiasi sinar radioaktif dapat dipergunakan untuk hal-hal berikut :

a. Industri Kayu

Mutu kayu dapat ditingkatkan dengan jalan merendam ke dalam cairan bahan organik monomer (bahan plastik). Bahan ini bila terkena radiasi akan menjadi polimer. Maka kayu menjadi jauh lebih keras dan sangat tahan terhadap cuacu dan tahan terhadap serangga.

b. Serat Tekstil

Serat-serta atau benang tekstil baik dari bahan alamiah misalnya kapas maupun serat sintetis yakni poliestet dapat diubah sifatnya sehingga lebih baik kualitasnya. Dengan bantuan radiasi serat poliester dapat diubah menjadi bahan yang dapat menyerap air dan juga mudah menyerap warna. Serat polipropilen dapat berubah sifatnya dari tidak tahan panas menjadi tahan panas dan menghisap air.

c. Industri Kulit

Kulit yang banyak dipakai dalam industri tas, sepatu, dan lain-lain melalui proses radiasi ternyata dapat ditingkatkan mutunya tetapi perlu kecermatan karena dosis yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kerusakan kulit.

d. Industri Pengawetan makanan

Pengawetan makanan dapat dilakukan dengan cara membunuh kuman-kuman pembusuk melalui radiasi. Contohnya bahan-bahan makanan yang diawetkan dengan cara tersebut adalah beras, kentang, gandum, buah-buahan kering, daging, sayuran, dan biji-bijian.

4. Teknik Nuklir untuk Kesehatan

Pada bidang kesehatan, nuklir digunakan untuk mengadakan diagnosis suatu penyakit dalam. Penggunaan car-cara yang biasa digunakan misalnya Sinar X. Penggunaan zat radioaktif memberikan informasi yang lebih memuaskan daripada menggunakan Sinar X.

Contoh penggunaan radioaktif adalah untuk mennetukan lokasi tumor atau kanker, kelainan paru-paru, kelainan kelenjar gondok, kelainan ginjal, dan sebaginya.

5. Teknik Nuklir dalam industri Radiografi

Foto rontgen pada tulang yang patah atau paru-paru yang sakit merupakan suatu contoh gambar hasil radiografi tulang atau paru-paru dengan menggunakan Sinar X.

Dengan menggunakan sinar gamma dapat diperoleh gambar yang ebih jelas untuk menunjukan ada atau tidaknya keretakan. Cara ini dapat digunakan untuk meeriksan sambungan-sambungan baja hasil pengelasan.

6. Teknik Nuklir dalam Hidrologi

Dalam hidrologi zat radioaktif digunakan sebagai perunut atau penelusur dengan cara memasukan zat radioaktif ke dalam aliran air misalnya sungai. dengan menggunakan detektor seperti “Geiger Muller” hasilnya dapat memberikan informasi mengenai antar lain kecepatan air mengalar, adanya air yang merembes ke dalam tanah dan kemana rembesan itu mengalir.

7. Teknik Nuklir untuk Studi pencemaran Lingkungan

Lingkungan yang tercemar dapat membahayakan. Misalnya, pencemaran udara, air, tanaman, hewan dimana manusia sering mengkonsumsinya. Dengan teknik nuklir dapat diketahui tingkat pencemaran yaitu dengan menggunakan senyawa rdaioaktif sebagai perunut untuk melihat penyebaran, penumpukan, dan sifat-sifat zat pencemaran itu dalam lingkungan.

h. Energi cahaya atau cahaya

Sumber utama cahaya yang digunakan oleh manusia adalah matahari. Dengan teknologi tinggi sekarang mulai digunakan energi dan sinar laser. Energi dapat berbentuk panas, gerak, cahaya, tenaga kimia, tenaga atom, dan lain-lain. Energi juga dapat berubah-ubah bentuknya sebagai contoh energi listrik menjadi energi cahaya.

Gambar adanya rangkaian tertutup dari perubahan bentuk energi

3. Mesin – mesin

Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai.

a. Mesin bakar

Mesin ini terdiri dari silinder, piston, roda-roda penerus lengan, busi, katup bahan bakar dan katup penampung.

Gambar prinsip kerja mesin bakar

Posisi 1

Piston berada di bagian bawah silinder, katup bahan terbuka sementara bahan bakar yang terdiri dari bensin dan udara masuk ke dalam silinder.

Posisi 2

Roda penerus bergerak melalui lengan mendorong piston ke atas silinder. Katup bahan bakar tertutup sehingga bahan bakar bersama udara tertekan dan mengakibatkan temperatur naik. Pada saat ini busi dinyalakan dan dan menghasilkan bunga api listrik. Percikan api itu membakar bahan bakar sehingga terjadi letupan yang mendorong piston ke bawah sambil memutar roda penerus. Perputaran inilah yang menggerakkan mesin.

Posisi 3

Menunjukkan posisi pipston yang sedang berada du bawah setelah letupan

Posisi 4

Roda penerus bergerak meneruskan perputaran mesin, menarik piston ke bawah dan memasukkan bahan bakar melalui katupbahn bakar tepat seperti pada posisi satu lagi. Mesin bahan bakar ini digunakan oleh sebagian besar mobil dan motor.

b. Mesin diesel

Hampir serupa dengan bahan bakar. Bedanya pada mesin diesel tidak digunakan busi sebagai api pembakar.

Gambar prinsip kerja mesin diesel

Posisi 1

Piston ditarik ke bawah oleh lengan roda penerus dan membuka katup bahan bakar, udara ikut tersedot masuk ke dalam silinder.

Posisi 2

Roda penerus meneruskan perputaran mesin melalui lengan pendorong piston ke atas dan menutup katup bahan bakar.

Posisi 3

Pada saat piston mendekatkan titik puncak (saat ini temperatur sudah tinggi) bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder

Posisi 4

Pada titik puncaknya bahan bakar meledak dan mendorong piston ke bawah yang melalui lengan meneruskan perputaranroda penerus

Posisi 5

Roda penerus meneruskan perputaran mesin mendorong piston ke atasc dan membuang sisa bahan bakar melalui katup pembuang yang saat itu posisinya sedanmg terbuka. Roda penerus meneruskan gerakan selanjutnya seperti pada posisi pertama dan seterusmya.

c. Mesin Jet

Mesin jet adalah sebuah jenis mesin pembakaran dalam menghirup udara yang sering digunakan dalam pesawat. Prinsip seluruh mesin jet pada dasarnya sama; mereka mempercepat massa (udara dan hasil pembakaran) ke satu arah dan dari hukum gerak Newton ketiga mesin akan mengalami dorongan ke arah yang berlawanan. Yang termasuk mesin jet antara lain turbojet, turbofan, rocket, ramjet, dan pump-jet.

4. Komunikasi

Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Untuk itu ilmu alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan kepada kita semua media cetak, telegrafi, telephone, radio dan televisi.

a. Percetakan

Percetakan sebagai alat yang menghasilkan media komunikasi antar manusia mempunyai arti yang sangat penting. Dengan media massa misalnya berupa koran suatu berita dapat diikuti oleh orang banyak dapat diikuti oleh orang banyak meskipun penyebarannya masih tergantung pada alat transportasi yang ada pada saat itu.

b. Telegraf

Telegraf ditemukan orang sejak pertengahan abad ke-18 dan tekniknya menjadi semakin sempurna pada pertengahan abad ke-19. Keunggulan telegraf membuat orang dapat berkomunikasi jarak jauh sehingga ratusan ribu kilometer hanya dalam waktu beberapa menit saja.

c. Telephone

Keunggulan telephone adalah orang dapat berbicara langsung dan menerima pembicaraan atau jawaban sebagaimana layaknya orang berbicara satu dengan yang lain.

d. Radio

Radio dapat mengirimkan dan menerima pesan-pesan tanpa menggunakan kawat. Pesan-pesan itu dipancarkan melalui pesawat pemancar ke udara. Dengan demikian orang dapat berkomunikasi dengan kapal-kapal yang sedang berlayar di tengah samudra.

e. Televisi

Dengan televisi orang dapat mengirimkan dan menerima berita dengan kesan yang lengkap (gambar hidup berwarna dan bersuara). Selain itu dengan televisi orang dapat memperoleh hiburan yang bermutu terkontrol dan murah serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan penerangan. Dengan satelit Palapa siaran televise dapat menjangkau hamper seluruh tanah air kita.

5. Komputer

Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangan listrik (elektronika). Dari komputer manusia dapat mengembangkan alat lainnya berikut ini contohnya.

a. Telepon Ensiklopedia

Orang dapat memutar nomor telepon pusat computer ensklopedia dan akan mendapatkan jawaban dengan tepat keterangan yang memadai tentang suatu topic atau masalah sebagai layaknya dalam ensklopedi.

b. Robot pelayanan rumah tangga

Orang dapat membeli robot-robot yang dijalankan oleh computer untuk keperluan rumah tangga. Misalnya, mencuci pakaian, mencuci piring dan gelas, membuat minuman, memotong rumput, memotong pohon, dan sebagainya.

c. Komputer Simulasi

Para industriawan atau pengusaha dapat melakukan percobaan secara simulative suatu prototip mesin yang sedang dirancang oleh seorang perancang. Dengan simulasi, biaya eksperimen dapat ditekan menjadi murah.

6. Bioteknologi

Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi modern yang dikenal dengan sebutan bioteknologi. Beberapa ahli dan badan internasional memberikan batasan bioteknologi sebagai (1) kegiatan yang menitikberatkan pemanfaatan aktivitas biologi dalam lingkup teknologi proses dan produksi secara besar-besaran dalam industry. (2) Pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan kerekayasaan terhadap jasad, system, atau proses biologi, untuk memproduksi benda hidup, benda mati, atau jasa bagi kepentingan manusia.

Dalam perkembangan lebih lanjut lahirlah cabang ilmu bioteknologi antara lain :

a. Bioteknologi Kedokteran

Hasil bioteknolgi kedokteran (1) sinar X dalam radiologi untuk mengambil foto paru-paru, jantung, lambung dan sebagainya. (2) sinar Laser digunakan dalam operasi alat-alat dalam tubuh manusia. (3) Sinar radioaktif dimanfaatkan untuk menyucihamakam alat-alat kedokteran. (4) bank Sperma beku dan bayi tabung secara ilmiah telah banyak dilakukan dinegara yang menganut kebebasan. (5) pencakokan alat-alat tubuh yang dalam keadaan biasa akan selalu ditolak. Melalui bioteknologi dengan perantara agen pencakokan dapat dilaksanakan dengan baik. (6) rekayasa Genetika.

b. Bioteknologi Farmasi

Dalam memerangi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh antigen atau bibit penyakit dengan kemajuan teknologi dibuat zat sintesis dan pada saat mutakhir melalui biologi molecular dan rekayasa genetika, tubuh dipacu untuk memproduksi obat-obatan sendiri.

Obat-obatan hasil teknologi bioteknologi tersebut antara lain humulin untuk diabetes protopin yang merupakan hormon pertumbuhan untuk memperbaiki anak-anak yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan, alfainterferon untuk pengobatan sejenis leokimia dan sebagainya.

c. Bioteknologi Pertanian

Dalam rangka mencukupi pangan penduduk dunia yang terus bertambah dicari jalan melalui bioteknologi pertanian yang antara lain. (1) penggunaan hormone pertumbuhan, yang mengubah tumbuhan dari diploidi menjadi polidploidi yang menghasilkan produk raksasa. (2) kultur jaringan, (3) rekayasa genetika tumbuhan.

d. Bioteknologi peternakan

Untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia para ahli peternakan memanfaatkan bioteknologi peternakan, yakni penerapan rekayasa genetika yang melalui dua tahap, yaitu (1) tahap memproduksi obat dan vaksin serta hormon pertumbuhan ternak, (2) melibatkan hewan dapat tumbuh lebih cepat dan makannya lebih sedikit atau menjadi ternak yang lebih unggul.


BAB III

17

PENUTUP

A. Kesimpulan

Ilmu Pengetahuan dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia.

Untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek dengan pengajaran imtaq. Sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas.

Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan,oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan

B. Saran

Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan kita tentang IPTEK serta perkembangannya dari waktu ke waktu, lebih jauhnya penyusun berharap dengan memahami IPTEK kita semua dapat menyikapi segala kemajuan dan perkembangannya sehingga dapat berdampak positif bagi kehidupan kita semua.

Dari pembahasan materi ini kami mengalami beberapa kendala dalam penyusunan makalah ini. Maka ada beberapa kesalahan oleh kami atau kekurangan. Oleh karena itu kami juga membutuhkan saran dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

Jasin, Maskoeri. 1989. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

One Thought on “makalah ilmu alamiah dasar

  1. sama-sama,,,, saling berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation